Nara Karya II



LAPORAN HASIL PEMANTAPAN
KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUT PANDEGA (KML D)

NARAKARYA II
                                                           
DISUSUN OLEH :
BAMBANG SUPPERIANTO, S.Kom
NTA : 0704.06067.1679

PELATIH PENDAMPING
HERMAN SURYADI, S.Pd., M.Pd
SHL : 001/0704/MG/14


GERAKAN PRAMUKA
KWARTIR CABANG 0704 KOTA BENGKULU
2020


HALAMAN PENGESAHAN
            Laporan hasil masa pemantapan peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega (KML D) tahun 2020, atas nama : Bambang Supperianto, S.Kom NTA : 0704.06-067.1679. Masa pemantapan dilaksanakan di Gugus Depan 06067-06068, Pangkalan Universitas Dehasen Bengkulu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bengkulu Tahun 2020.
            Setelah laporan ini diperiksa dan diperbaiki sesuai dengan saran dan masukan Pelatih Pendamping, maka sudah layak untuk disahkan.

Bengkulu,     Februari 2020

DISETUJUI DAN DISAHKAN OLEH :
Pelatih Pendamping




Herman Suryadi, S.Pd., M.Pd.
SHL : 001/0704/MG/14


Ka. Pusdiklatcab Balai Buntar





Refwan Suhendi, MG.





Mengetahui:
Ka. Gudep
Universitas Dehasen Bengkulu



Dra. Asnawati, S.Kom., M.Kom.
NTA : 0704.06068.1691


Waka. Binawasa
Kwarcab Kota Bengkulu




Herman Suryadi, S.Pd., M.Pd.





KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah member nikmat-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat manyelesaikan laporan ini, sholawat teriring salam tetap kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya serta para pengikutnya, semoga segala amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amin.
            Laporan ini merupakan laporan hasil masa pemantapan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega (KML D) yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung.
            Dalam pemantapan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan moril dan materil, kepada :
1.      Ka. Pusdiklatcab, Ancab, dan Staf Kartir Cabang Kota Bengkulu, yang telah memberikan semangat agar penulis dapat mengembangkan bakat dan keterampilan kepramukaan.
2.      Para Kakak Pelatih, yang telah memberikan Materi dan Praktek tentang kepramukaan kepada kami peserta KML D tahun 2018.
3.      Kak Herman Suryadi, S.Pd., M.Pd. Selaku Pelatih Damping, yang telah banyak memberikan bimbingan dan saran tentang Kepramukaan.
4.      Kak Dra. Asnawati, Skom., M.Kom. Selaku Ka. Gugus Depan Universitas Dehasen Bengkulu yang telah memberikan kesempatan penulis untuk mengembangkan diri.
5.      Bapak dan Ibuku tercinta yang telah mendukung segala aktifitas dan kegiatan penulis di lapangan.
6.      Rekan-rekan peserta KML D 2018 yang selalu kompak dan mau bekrjasama membagi pengalaman dan pengetahuan.
7.      Para Anggota Gerakan Pramuka yang selalu tetap menjaga Solidaritas antar sesama anggota Gerakan Pramuka.
Tak ada gading yang tak retak, tidak ada yang sempurna di dunia ini, untuk itu masukan dan saran yang membangun sangat penulis harapkan untuk melengkapi dan menyempurnakan laporan ini, sehingga dapat lebih baik dan bermanfaat pada masa yang akan datang. Aamiin.
Bengkulu.    Februari 2020
Penulis


Bambang Supperianto, S.Kom














DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .......................................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................................ ii
KATA PENGANTAR........................................................................................................ iii
DAFTAR ISI........................................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN
A.    Dasar kegiatan........................................................................................................... 1
B.     Maksud dan tujuan.................................................................................................... 1
C.    Ruang lingkup............................................................................................................ 2
BAB II PENGESAHAN
A.    Jenis kegiatan............................................................................................................. 3
B.     Waktu dan Tempat kegiatan...................................................................................... 4
C.    Persiapan dan Rencana kegiatan................................................................................ 4
D.    Peserta Kegiatan........................................................................................................ 5
E.     Pelaksana Kegiatan.................................................................................................... 5
F.     Sarana dan Alat kegiatan........................................................................................... 6
G.    Kesulitan dan Hambatan........................................................................................... 6
H.    Hasil Kegiatan........................................................................................................... 7
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................................................ 9
B.     Saran.......................................................................................................................... 9
LAMPIRAN-LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

            Dalam rangka meningkatkan mutu para Anggota Gerakan Pramuka pada umumnya, dan Pembina pada Khususnya, bukan hanya menjadi tanggung jawab Kwartir saja, tetapi manjadi tanggung jawab semua Lapisan baik Pembina, Pelatih, Mabi,Andalan dan Anggota yang lain. Setiap Anggota Gerakan Pramuka harus mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan keterampilan bidang Kepramukaan. Karena itu usaha Kwartir dalam menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Keterampilan bagi Pembina harus didukung dengan cara usaha Pribadi Peserta untuk meningkatkan keterampilan Kepramukaannya dimanapun dan kapanpun.

A.    Dasar Kegiatan
1.      AD dan ART Gerakan Pramuka
2.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 200 tahun 2011 tentang petunjuk Penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Mahir
3.      Program Kerja Kwarda Lampung tahun 2018

B.     Maksud dan Tujuan
1.      Maksud
Maksud dari penulisan laporan masa pemantapan Kursus Pembna Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega adalah :
-        Untuk mengetahui kemampuan para Peserta KML D melaksanakan tugasnya dalam mengelola Satuan Pramuka.
-        Untuk mengetahui keaktifan para Peserta KML D dalam bekerjasama dengan Pelatih Pendamping.
-        Saling bertukar Pengetahuan antar sesame Peserta KML D, Pelatih maupun Anggota Gerakan Pramuka.
2.      Tujuan
Adapun tujuan dari penlisan laporan ini adalah :
-        Memberikan bekal Pengetahuan dan Keterampilan guna meningkatkan kemampuan Pembina Pramuka dalam memberikan pembinaan kapada Peserta Didik dan mengelola satuan, sehingga kwalitas kegiatan Kepramukaan semakin meningkat kearah yang lebih baik.
-        Sebagai salah satu syarat bagi para Peserta KML D tahun 2018 dalam menyelesaikan masa pemantapannya, untuk melanjutkan ke jenjang KPD.

C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup laporan Hasil masa pemantapan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega ini adalah sebagai berikut :
1.      Pendahuluan
2.      Pelaksanaan
3.      Penutup






BAB II
PELAKSANAAN

A.    Jenis Kegiatan
Gerakan Pramuka dalam usahanya untuk mencapai tujuannya, berusaha meningkatkan mutu dan jumlah anggotanya, salah satu usahanya itu adalah meningkatkan mutu dan jumlah anggota Pembina Pramuka yang akan melaksanakan tugas membina peserta didik di satuannya masing-masing namun dalam membina tidak hanya memberikan materi tentang kepramukaan saja, tetapi adanya perubahan pada pesrta didik kearah yang lebih baik. Selain itu juga adanya rasa tanggung jawab para Pembina akan beban dan tanggung jawab yang dipikul dalam membina Peserta Didik.
Oleh karena itu, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Lampung, telah menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega (KML D) pada tanggal 19 November s.d 25 November 2018, yang di ikuti oleh 30 Peserta, yang berasal dari Gugus Depan Pangkalan dalam Kwarcab, Kwarda di Indonesia.
Setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega (KML D), Para peserta memasuki masa pemantapan yang dilakukan di gugus depan pangkalan masing- masing. Dalam melaksanakan masa pemantapan ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2 s.d 5 orang yang didampingi oleh seorang pelatih konsultan. Akan tetapi mempunyai tempat atau pangkalan masing-masing. Sebelum melaksanakan masa pemantapan tersebut, peserta diwajibkan membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang fungsinya sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di gugus depan Pangkalan Masing-masing selama masa pemantapan berlangsung. Masa pemantapan ini di laksanakan selama 6 bulan tergantung dengan kondisi Gugus Depan Pangkalan, terhitung masa selesai kursus.
Setelah selesai melakukan masa pemantapan, peserta diharuskan membuat laporan hasil pemantapan yang telah dilaksanakan di gugus depan masing-masing sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Surat Keterangan untuk melanjutkan ke jenjang KPD.

B.     Waktu dan Tempat Kegiatan
1.      Waktu
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega (KML D) ini dilaksanakan dari tanggal 19 s.d 25 November 2018, selama 7 hari kegiatan. Sedangkan masa pemantapan penulis dilaksanakan dari desember 2018 sampai dengan akhir Bulan Juni 2019.
2.      Tempat Kegiatan
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut Dega (KML D) ini dilaksanakan di Pusdiklatda Intan Pura Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Lampung, yang beralamat di Jl, Pramuka No.04 Kec. Raja Basa Bandar Lampung. Telp/Faxs. (0736) 35144
Sedangkan masa pemantapan penulis dilaksanakan di Gugus Depan 06067-06068, Pangkalan Universitas Dehasen Bengkulu, yang beralamat di Jl. Meranti Raya Nomor 32 , Kota Bengkulu 38228 Telp/Faxs. (0736) 341139.

C.    Persiapan dan Rencana Kegiatan
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan mencapai tujuan yang diharapkan, para peserta kursus menyusun persiapan dan rencana yang berbentuk Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan menjadi pedoman guna pelaksanaan kegiatan di Gugus Depan Pangkalan masing-masing selama masa pemantapan berlangsung. Dimana setiap Peserta didampingi oleh seorang pelatih Konsultan yang diharapkan dapat selalu berkonsultasi dan berkoordinasi berkenaan dengan permasalahan yang dihadapi oleh Peserta dalam masa pemantapan, serta dapat melaporkan kepada Kamabigus masing-masing, tentang Rencana Tindak Lanjut sebagai acuan pelaksanaan pemantapan.

D.    Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan yang mengikuti kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjut Dega (KML D) ini berjumlah 30 Dosen/Staf Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Se Indonesia. Yang terdiri dari 1 ruang kelas dengan  terdiri atas 6 Kelompok Belajar, sedangkan untuk penyelesaian RTL perorangan di Gugus Depan Binaan masing-masing, sedangkan untuk Pelatih Pendamping penulis adalah Kak Herman Suryadi, S.Pd., M. Pd.

E.     Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan masa pemantapan dilaksanakan penulis setelah selesai melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat  Lanjut Dega (KML D), dimulai pada 19 November 2018 s.d 25 November 2018, Penulis melaporkan kepada Ka.mabigus bahwa penulis telah selesai melaksanakan kegiatan Kursus dengan menyampaikan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang telah disusun dan siap untuk melaksanakan masa pemantapan. Untuk Penulis, yang pertama dilaksanakan sesuai dengan RTL yaitu terdiri dari :
1.      Pembenahan Administrasi Gugus Depan
Tindakan pertama yang penulis lakukan dalam pembenahan administrasi adalah mengecek data keanggotaan, mulai dari Peserta Didik, Pembina,dengan membuat Buku Induk Gugus Depan, membuat bukuIventaris Gugus Depan, membuat buku Daftar Registrasi Anggota, membuat buku Laporan Hasil rapat, membuat buku Surat Keluar, membuat buku Surat Masuk, Papan Gugus Depan dan Buku Kas Gugus Depan.
2.      Penyusunan Program Kerja
Bersama-sama Dewan Kehormatan menyusun Program Kerja Gugus Depan secara berkala, mulai Program Kerja Tahunan, dan Bulanan. Program Kerja yang dibuat secara umum adalah kegiatan Apel rutin awal Bulan yang terprogram, sehingga pada saat Apel penulis bisa menyampaikan Arahan yang telah disusun. Program Apel terdiri dari Samapian Pencapaian SKU dan SKK serta Pelantikannya, Teknik Kepramukaan, Keagamaan, dan lain-lain. Sedangkan pola kegiatannya adalah Apel dan Praktek Lapangan, dimana lokasi kegiatan terdiri dari Pangkalan dan tempat-tempat lain yang telah disepakati dan terjamin keamanannya bagi peserta didik.

F.     Sarana dan Alat Kegiatan
Untuk menunjang keberhasialan dalam kegiatan masa pemantapan ini, banyak sarana dan alat kegiatan yang diperlukan. Sarana tersebut berupa ruang yang digunakan untuk penyampaian Amanat di saat sedang terjadi hujan dan panas, dan Lapangan / halaman atau ruang terbuka yang luas untuk Apel Seperti biasanya, dimana peralatan yang digunakan terdiri dari Tongkat / Stok, Tali Pramuka, serta beberapa peralatan lain yang dianggap perlu.

G.    Kesulitan dan Hambatan
Dalam menyelesaikan masa pemantapan ini tentu tidaklah berjalan semulus dan selancar yang penulis harapkan, banyak kesulitan dan hambatan yang didapat, diantaranya kesulitan dan hambatan yang penulis temui dan cara mengatasinya antara lain :
1.      Kesulitan dan Hambatan
a.       Banyak Buku Administrasi belum dapat dipenuhi, dikarenakan masih minimnya bantuan Kampuus / Gugus Depan.
b.      Iuran Anggota kurang berjalan dengan baik, masih banyak Anggota yang tidak bisa membayar iuran dengan banyak alasan.
c.       Peserta Didik masih kesulitan untuk menyelesaikan SKU/SKK, padahal motivasi telah Pembina berikan.
d.      Program Kerja yang telah disusun sedikit terhambat karena Jadwal Akademik Kampus yang belum singkron dengan Program Kerja Gugus Depan.
2.      Cara Mengatasi
a.       Mengajukan Proposal kek Pihak Kampus . Menggunakan uang pribadi penulis terlebih dahulu, kemudian diganti melalui uang kas yang telah dikumpulkan.
b.      Bendahara Dewan Racana dan Ambalan terus melakukan penagihan iuran kepada yang menunggak, walaupun hasil yang didapat belum maksimal.
c.       Penulis mengadakan Ujian SKU/SKK secara bersama-sama dengan mencari tempat yang disukai oleh Peserta Didik, itupun belum mendapatkan hasil yang maksimal.
d.      Tetap melanjutkan Program Kerja yang telah disusun sesuai Jadwal, dengan menyisipkan Program Kerja yang tidak tercapai pada waktu Apel rutin yang lainya.

H.    Hasil Kegiatan
Setelah melaksanakan masa pemantapan dari Bulan Desember 2018 sampai dengan Bulan Juni 2019, telah memperoleh hasil yang cukup menggembirakan, walaupun tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Dari jadwal pemantapan yang telah penulis buat dan rencanakan, kegiatan yang berhasil dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1.      Bidang Administrasi
a.       Pengadaan Buku-buku Administrasi Gugus Depan, yaitu :
Ø  Buku Induk Gugus Depan
Ø  Buku Inventaris Gugus Depan
Ø  Buku Iuran dan Presensi
Ø  Buku Agenda Surat Keluar
Ø  Buku Agenda Surat Masuk
Ø  Buku Risalah Rapat
b.      Pendataan Peserta Didik yang kemudian dimasukkan ke dalam Buku Induk Gugus Depan
c.       Pengajuan Proposal Kegiatan
2.      Bidang Operasional
a.       Telah terlaksananya kegiatan Apel rutin setiap awal bulan hari Sabtu.
b.      Dibuatnya Program Kegiatan Gugus Depan sampai Juni 2019.
c.       Telah dilantiknya 1 orang Pandega dan 1 Orang Penegak Bantara (semua adalah Pandega Putera, dimana untuk Pandega Puteri tidak penulis laporkan dalam kesempatan ini).






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Setelah mengadakan telaah dan kajian yang dihadapi tentang beberapa permasalahan dan cara mengatasinya, dapat disimpulkan bahwa : Untuk memajukan kegitan di Gugus Depan, hendaknya Pembina tidak hanya belajar dari buku yang telah di siapkan, akan tetapi harus rajin dan aktif untuk terjun kelapangan secara langsung, agar diketahui permasalahan yang dihadapi peserta didik, dimana kegiatan dan materi yang disampaikan harus sesuai dengan perkembangan zaman.
Akhir kata, Kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan, guna perbaikan sikap, dan metode pembelajaran ysng akan meningkatkan reputasi Penulis dalam menerapkan ilmu yang didapat, yang diharapkan dapat berguna untuk menuju kehidupan dan pengabdian yang lebih baik.






Lampiran...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Isi Kartu Rencana Studi (KRS) 2022

Selendang dan Pita Mahir bagi Pembina